Saturday, October 20, 2012

Si .. Si .. Si .. Singapuraaa!!!

Singapura


Ahh bingung mau mulai nulis dari mana. Bulan Maret 2012 kemarin saya pergi ke Singapura bersama teman saya yang namanya Jodi (yang ke Bandung bareng juga). Emm. Ahh masa gini doank isinya. Apa serunya? Baiklah, saya ceritakan kronologis perjalanan paling excited yang pernah saya alami.

Saya dan Jodi ke Singapura lewat Batam, karena kita dapat promo tiket Citilink yang super duper murah. 278ribu PP Jakarta-Batam. Dan tahu apa yang bikin saya nyesek sampai sekarang? Yaitu sebulan kemudian Citilink buat promo 159rb PP Jakarta-Batam. Aaaa, nyeseel!!!

Lupakan! Lupakan!

Kita berangkat hari Jumat dan pulang hari Senin. Pas hari Kamisnya saya panik ketika si Jodi gak bisa dihubungin. Twitter ga dibales, YM-nya ga online, facebook juga. Hape? Jangan harap! Dia gak punya hape. Setelah ngulik dari teman-teman, ternyata si Jodi ikut outbond dari perusahaannya. Waaa, makin panik!! Ini anak jadi ke Singapura apa kagak sih?? Soalnya waktu itu saya pikir yang namanya outbond pasti beberapa hari.

Karena gak tau harus apa, saya jalanin sesuai kesepakatan dengan Jodi sebelumnya, yaitu saya nginep di rumah dia biar paginya bisa bareng-bareng ke bandara. Weits, orangnya udah pulang ternyata dan dengan lugunya bertanya begini, "Lo ngapain ke rumah gue malem-malem?"

Dapuk!! Masa iya dia lupa besoknya mau ke Singapura. -_____- .Pas saya jawab, "Besok kan kita ke Singaparna dudul!", dan dengan santainya doi membalas "Oh iya, emang besok ya?"
Arghh, toyor juga nih.
Singkat cerita, kami berdua berangkat dari starting point rumah Jodi. Niatnya mau naik angkot sampai Rawamangun terus naik Damri hanya jadi sekedar niat. Nyatanya kami malah ambil taksi dan langsung wuss ke bandara. Ibarat kata, jadi budget-traveler segan, jadi leisure-traveler tak mampu!
Kalian gak perlu tahu apa yang kami lakukan di taksi, terus di bandara, di pesawat, dan sampai di pelabuhan penyeberangan Batam Center. Serius!! Kalian gak perlu tahu!! *nyolot sendiri
Pengalaman melewati batas imigrasi pertama kali sepertinya gak akan terlupakan. Bukan karena dag dig dug-nya takut-takut kalau saya gak boleh keluar negeri karena alasan klasik orang imigrasi, "Muke lo kayak TKI!". Tapi lebih karena rasa malu bercampur haru ketika bapak-bapak imigrasinya (masih di Indonesia lho ya) membolak-balik berusaha menemukan adakah satu cap yang menempel di paspor saya. Gak ada Pak, gak ada. Masih perawan itu. ("-_-)
Beda cerita pas lewat imigrasi Singapura. Dag-dig-dug-nya emang lebih karena takut gak boleh masuk negara mereka karena alasan klasik orang imigrasi. Ya ya kalian udah tahu lah apa. Ternyata eh ternyata, si mba-mba petugas imigrasi sono cuma bilang "KTP ada?" Langsung saja saya kasih KTP meskipun ada niatan untuk ngebecandain mbak-nya dengan "Ada, yang biasa apa yg spesial?" Ha ha

Dan kalian tahu apa yang terjadi pada Jody? Dia lancar jaya ngurus imigrasinya. Pas di imigrasi Singapura, dengan santainya dia ninggalin ruangan sementara saya baru nyodorin KTP. Dih, gue ditinggal!! Setelah paspor saya dicap, langsung ngacir deh ngejar si Jodi. Nah, berhubung waktu itu saya gak paham sama custom-customan, dengan santai kita lewat aja ke bagian No Declare. Beruntung ga kenapa-kenapa. Hi hi.

Dari Harbourfront yang jadi satu sama mal Vivocity, saya dan Jodi langsung menuju kediaman adiknya neneknya Jodi di bilangan Jurong West #tsahh. Karena penasaran naik MRT, saya pilih naik MRT meskipun neneknya Jodi ngasih tahu naik bus apa. Karena penasaran sama ezLink card, saya dan Jodi beli padahal neneknya Jodi udah nyiapin ezLink card buat kita berdua. Hadehhh.

Tanpa susah payah bermacet-macetan seperti di, ehem, Jakarta, kami sampai di flat HDB (Human Development Board) neneknya Jodi (dari sekarang disingkat NJ #cool). Ternyata flat itu dinomorin berdasarkan gedung flat-nya aja, sementara rumah-rumah yang ada di gedung gak dinomorin. Jadilah kami berdua kayak orang cengo nunggu di bagian bawah flat yang kosong melompong.

Karena pulsa im3 udah abis buat nelpon NJ (horang kayah! Lagi di Singapore nelpon PSTN Singapore pake kartu Indonesia, gocap habis dalam sekejap!! Kaya dan bego beda tipis ternyata.), eh tadi sampai mana? Oh iya, karena pulsa im3 (yg sudah berubah jadi Starhub) udah abis, saya pergi ke 711 terdekat yang mana lebih sempit daripada Alfamart deket rumah untuk beli voucher isi ulang Starhub.

Wait. Something wrong! Yes!! Absolutely wrong!!!

Saya dengan pedenya beli voucher isi ulang Starhub (mana paling murah $18 lagi), buat ngisi Starhub di hape yang hasil evolusi dari im3. Pas gosok-gosok vouchernya, otak langsung loading. Ini isinya gimana??

Ya Tuhaaaaann!!

Akhirnya saya pergi ke counter Starhub dan beli perdana Starhub seharga $6. Ya Tuhaaaaann!!! DELAPAN BELAS DOLLAR MELAYANG DENGAN ELEGAN!! Eh tapi saya gak habis pikir. Dengan darah minang yang mengalir dalam diri saya, pas ketemu pekerja asal India disana saya langsung bilang begini (dgn English saya yg mendingan drpada Singlish :p),

"Hello, Sir. Do you use Starhub? I just bought a starhub top up voucher but I dont need it, I need my money back. Do you want to buy it?" (grammar sudah diedit sedemikian rupa, aslinya gak begini. :p)

Dan jawabannya dari Raj Punjabi, eh, orang India itu bilang "No, I use Singtel."

Akhirnya, saya gak nawarin orang lokal lainnya karena takut disangka yang gak-gak apalagi dengan tampang muka yg begini. *kalo kalian bilang TKI, berarti kalian petugas imigrasi!! Puas?!

Karena pasrah, akhirnya tuh $18 dipake sendiri dan pasang paket internet yang paling mahal dari yang ditawarkan Starhub. Wuihh!! Habisnya ditawarin ke anak-anaknya NJ, alias om dan tantenya Jodi, semuanya pada pake Singtel. #sigh

Setelah sampai rumah nenek ngapain lagi Am? Ke Merlion? Ke Marina bay? Ke Clarke Quay? Ahh gak ngarep deh, si Jodi lebih milih tidur dur dur, padahal saya udah kebelet banget pengen ketemu patung singa-duyung itu.
Ini dia tersangkanya. :p

Tapi simpati juga sih sama tuh bocah, dia habis outbond, besoknya langsung melancong keluar negeri. Alhasil, apa yang saya lakukan pada hari pertama di Singapura? Merasakan nikmatnya tidur di flat-nya local people. Du du du du~

berlanjut yak...

No comments:

Post a Comment