Thursday, February 9, 2012

KRL Comel yang Comel

KRL Commuter Line
Bagi yang bingung apa itu KRL Comel, tenang! Anda ga sendirian. Karena awalnya saya juga bingung Comel itu apa, dan ternyata eh ternyata itu singkatan dari Commuter Line. Agak maksa ga sih? Kasih tau ya kalo saya salah, soalnya cuma persepsi pribadi. Hihi

Nah, setelah sekian lama ga naik kereta dari Bekasi ke kantor di Slipi, akhirnya saya naik lagi karena alasan kesehatan. Sebelumnya saya kena tipes karena kecapekan, jadi ga berani ambil resiko naik motor seperti sebelumnya. Lagipula jadwal kuliah malam sedang kosong, jadi ga perlu kejar-kejaran sama waktu untuk kuliah. Hehe

Nah, saya sudah berbulan-bulan tidak naik kereta lagi ke kantor. Dan saat naik lagi, wahh sudah banyak perubahan. Meski saya tidak naik kereta, saya sedikit banyak update tentang perkereta-apian ibukota. Saya tahu ada perubahan sistem dari comel ke loop line yang mempersedikit jumlah perjalanan kereta. Saya browsing untuk sekedar melihat jadwal.

Saat sebelum loop line dijalankan, hanya ada 2 kereta dari Bekasi ke Tanah Abang (yg direct lho ya), yaitu jan 6.05 dan 6.17 (dulunya yg ini tuh KRL Ekonomi, dan diganti jadi comuter line). Tapi sekarang sudah ga ada. Bagi yang mau ke Tanah Abang dari Bekasi, mesti kudu wajib transit dulu di Manggarai. Hmm, agak merepotkan sih. Karena dipikiran saya bakalan susah pindah peron di St.Manggarai, apalagi kalau ada kereta yang parkir. Hedeuhh.

Akhirnya saya berangkat dari rumah jam setengah 7 (ga ngerjak kereta yg 2 itu lagi). Saya beli tiket seharga bisa Rp 6.500,- dan saya tanya ke petugasnya, "Ke tanah abang transit di Manggarai ya?" dan petugasnya bilang iya. Terus saya tanya kereta paling dekat kapan? Dan dia menunjuk papan bertuliskan Bekasi - Jakarta Kota 07.20. Dan saya langsung menuju peron 3 di stasiun Bekasi.

Ga ada yang istimewa sih. Seperti menunggu kereta biasa aja. Saya malah merasa mendingan dengan sistem loop line, karena kita ga hanya terpaut pada jadwal yang ada. Jadi berasa naik MRT versi grounded gitu lho. Hehe

Tak lama, kereta pun tiba dan masih jadi pemandangan wajar para penumpang bejubelan masuk kereta. Sedikit saran buat KCJ, peronnya di cat seperti MRT Singapura yang ada tanda dibawah tempat menunggu dan di pinggir pintu kereta. Ya agar kalau ada penumpang gampang gitu. Tapi yang susah pasti sosialisasinya. hehe

Karena penumpang ramai, saya pun mempersilakan seorang ibu hamil duduk di tempat saya. Lumayan juga lho berdiri dari Bekasi sampai Manggarai. Saya lumayan takjub melihat signage yang baru-baru dan jelas, karena tulisannya besar-besar. Saluuuut

Nah saat turun di Manggarai, langsung diinfokan KRL Commuter Bogor menuju Sudirman, Tanah Abang, dll akan segera tiba di peron 5. Jadilah saya dan penumpang yang kebanyakan tujuannya ke Sudirman berlari kecil menuju peron 5.

Saat kereta tiba dan pintu terbuka, penumpang lumayan punya kesadaran untuk mempersilakan yang turun terlebih dulu, tapi ya itu mesti ada batas di peron biar jelas menunggu keretanya dimana seperti di Singapura. Hehe, maksa yee..

Setelah semua penumpang turun, kami naik agak berdesak-desakan. Dan kondiri kereta benar-benar FULL. Saya saja berdiri tanpa berpegangan dan ga takut jatuh sama sekali. Karena apa? Karena kiri-kanan-depan-belakang badan sudah bersentuhan sama penumpang lain. Yaa sabar aja, saya tahu ini paling cuma sampai Sudirman.

Dan benar saja, saat sampai di stasiun Sudirman, penumpang berebutan turun. Bahkan ada bapak-bapak ngeselin yang pake sikut buat ngasih dia jalan. Agak ribet sih bagi saya yang berdiri di tengah jalan dan terombang-ambing oleh penumpang yang ingin turun.

Ajaib, kereta mendadak tidak terlalu penuh. Hanya beberapa orang yang berdiri di gerbong saya, bahkan saya dapat tempat duduk sampai Tanah Abang. Sesampainya di tanah abang, setelah menaiki tangga saya melihat banyak perubahan dan kemajuan. Sekarang sudah ada sekat jadi alur penumpang lebih teratur.

Oke, saya merasa senang naik kereta sistem loop line. Apalagi sistem tiket elektronik bakal segera terealisasi ke seluruh stasiun pertengahan tahun ini. Semoga lancar car car. Biar kita ga keliatan ndeso sama turis karena masih pake tiket kertas yang dibolong-bolongin. Hehe

Happy train guyss... :D

No comments:

Post a Comment