Wednesday, February 8, 2012

Pengalaman bikin paspor online - day 2

--sambungannya neehh--

Berangkat dari pengalaman di hari pertama, saya pun di hari kedua memilih berangkat pagi ke kanim kelas III Bekasi. Beberapa hal yang buat saya berangkat pagi adalah karena ga mau keulang kayak kemaren, ngantri super lama, dan kedua karena siangnya saya ada Ujian Utama di kampus saya.

Saya tiba jam 7.30 dan dapat nomor antrian 2011 (kenapa ga 2012 aja ya biar keren? haha). Itu berarti saya orang ke 11 untuk loket pembayaran. Setelah nancepin surat untuk pembayaran di 'paku berdiri' di loket 2, saya pun duduk menunggu. Sempat keluar sebentar untuk beli makanan karena belum sempat sarapan.

Sebelumnya saya jelaskan dulu disini. Status saya sekarang adalah pekerja di salah satu perusahaan swasta di Jakarta (kayak di post pertama). Sambil kerja saya juga kuliah. Karena KTP saya statusnya masih Pelajar/Mahasiswa, saya pun mengajukan permohonan sebagai mahasiswa. Karena katanya kalau sudah bekerja, pihak imigrasi minta surat keterangan kerja dari kantor. Yaa sekilas info aja. haha

Setelah beberapa lama, nama saya dipanggil di loket 2. Saya siapkan uang untuk bayar paspor 48hal. Bodohnya, karena awalnya saya minta yang 24 hal jadi saya ga tau harga yang 48 hal. Saya kira cuma 225rb, eh ternyata, harganya 255rb. Alhasil terkuraslah dompet dan hanya tersisa 5rb rupiah.. Hiks.

Setelah bayar, disuruh nunggu lagi untuk foto dan wawancara di loket 3. Sebenernya loket 3 untuk foto dan loket 4 untuk wawancara, tapi kedua loket itu satu ruangan. Jadi cuma dipanggil buat ke loket nomor 3 aja.

Sekitar pukul 9-an nomor saya pun dipanggil (masih yg 2011 tadi). Saya masuk ke ruangan foto. Dan di dalam ternyata masih nunggu orang yang foto dulu. Karena hanya ada dua kamera untuk foto, tapi satu lagi hanya untuk orang asing. Otomatis untuk orang lokal cuma 1 kamera.

Pas difoto sih ga ada masalah apa-apa. Cuma ditanya aja bikin paspor mau kemana. Saya jawab kayak kemaren di loket 1, mau ke Singapore, buat jalan-jalan. Nah yang agak belibet di wawancara. Saya aja sampai nervous. Maklum lah pertama kali bikin paspor.

FYI : saya pernah ditugaskan oleh kantor ke beberapa kantor imigrasi di luar kota seperti Pematang Siantar. Seantero gedung sudah saya masuki, tapi entah kenapa kali ini berasa beda padahal sama-sama kantor imigrasi. Mungkin karena sekarang jadi pemohon kali ya. Hehe

Pas wawancara, saya agak kikuk. Terjadi percakapan begini sama petugasnya :

Petugas (P) : Bikin paspor rencananya mau kemana?
Saya (S) : Mau ke Singapore, Pak.
P : Sama siapa?
S : rencananya sih sendiri, Pak.
P : *kaget, memandang ga percaya* kamu bercanda?
S : *panik* i .. iya Pak. Tapi ada rencana sih sama temen akhir tahun ini tapinya. *mulai siasat ngibul*
P : emang mau ngapain?
S : jalan-jalan aja, Pak.
P : jalan-jalan apa kerja?
S : ya jalan-jalan lah, Pak.
P : jalan-jalan apa kerja? --serius petugasnya sampe 4x nanya begitu ke saya dan saya jawab dengan jawaban yang sama--

*skip*

P : jalan-jalan apa kerja? --untuk ke-4 kalinya--
S : *gondok* ya jalan-jalan lah, Pak. Lagian mau kerja gimana? wong saya kuliah kok. Kalo bapak ga percaya, mau saya tunjukin tanda kalo saya kuliah? Nanti sian aja ada ujian.
P : *mikir bentar* Boleh sini
S : *ngeluarin KRS karena Kartu Tanda Mahasiswa belum kunjung keluar* nih  Pak
P : Ohh oke. Takutnya kan kesana mau kerja.
S : *nyengir kuda* oh iya, saya ngerti sih pak kalo begituan mah.. *jadi sok bijak*

Dan setelah itu semuanya berjalan lancar. Paspor saya jadi dalam waktu 4 hari kerja. Yippie akhirnya bakalan punya paspor juga. Hihi. Dateng pagi emang ga salah deh. Sebelum jam 10 saya sudah selesai dan bisa langsung ke kampus buat Ujian.. hedeuuhh

Tips :
kalo di depan petugasnya usahakan santai dan relaks aja. Kalo takut salah ini itu sih wajar, tapi jangan berlebihan. Banyakin senyum aja biar tenang *resep pribadi*. Kalo petugasnya agak galak, mungkin tabiat orangnya emang begitu. Anggep aja latihan sebelum ketemu petugas imigrasi negara laen. Haha

Warning :
Oh iya, pas ngantri foto di sebelah kanan saya duduk ibu-ibu yang nomor antriannya 49, dan di sebelah kiri saya ada orang kayak calo gitu. Dan jadilah saya di tengah-tengah jadi kayak saksi bisu yg ga dianggep ama mereka berdua.

Ajaibnya, ibu itu foto setelah saya (inget nomor saya 11 dan dia 49). Wah canggih juga ternyata calonya. Untung bukan saya yang keselak sama mereka. Jadi EGP deh.. Haha


No comments:

Post a Comment