Wednesday, February 8, 2012

Pengalaman bikin paspor online - day 1

Mungkin udah banyak yg posting di blog masing-masing tentang pengurusan paspor online. Bahkan dari mereka lah saya belajar step by step untuk membuat paspor secara online dan mandiri. Dan berikut pengalaman saya mengurus paspor online dan mandiri di Kanim (kantor imigrasi) kelas III Bekasi.

Sehari sebelum ke kanim bekasi, saya melakukan registrasi online di web imigrasi berikut :


jangan tanya gimana ngisinya ya, saya mau share pengalaman di kanimnya. kalo untuk proseduralnya bisa googling aja.. hehe

Setelah semua data terisi dan dokumen lampiran sudah di upload, saya pilih kanim bekasi dan datang untuk esoknya. Lalu keluarlah surat pra permohonan untuk datang pada lokasi dan tanggal yg saya inginkan. Ternyata di surat itu disuruh datang jam 8.00 - 11.00.

Berdasarkan rekomendasi dari beberapa blog dan kaskus, disarankan untuk datang pagi. Ga tau mata saya yg sliwer atau gimana, saya malah baru berangkat dari rumah jam 9 pagi. Haha. Dan itu pun belum fotocopy dokumen lampiran dan bahkan belum print out surat pra permohonan.. Dan bodohnya, surat pra permohonan saya taruh di microsd hape, dan saya bawa card reader, dan saat sudah di tempat print ternyata card reader saya rusak (nyoba di 2 tempat print).

Sempet panik takut ga keburu sampe kanim sebelum jam 11, akhirnya saya nemu warnet yang nyediain card reader dan surat pra permohonan pun di print.

Note : jangan melakukan hal seperti saya kalo ga mau ribet. kalo saya emang ga suka yang flat, makanya apa aja diribetin. haha *ngeles*

Setelah semuanya siap, saya menuju kanim dan meminta nomor antrian. Sempet bingung juga pas minta formulir sama surat keterangan belum punya paspor. Untuk beli mapnya juga di dalam (bukan di koperasi), sekalian sama beli materai 6000, jadi kena 15rb (map 7rb, materai 8rb). Oke, it's oke lah..

Saya dapat nomor antrian 1051, eits jangan pikir saya orang yang keseribu sekian. Nyatanya saya orang ke 51. Setelah sekian lama menunggu dengan twitteran dan baca buku naked traveler 3 (siap-siap bacaan buat nunggu ya), akhirnya nomor saya dipanggil. Dan saya adalah orang kedua terakhir sebelum loket 1 (yg nerima berkas permohonan paspor) tutup.

Saya serahin semua berkas dan nunjukin dokumen asli (jangan lupa dibawa ya). Sempet ditanya-tanya juga mau kemana bikin paspor. Agak kaget juga ditanya begitu, berasa dianggep orang yg mau jadi TKI ilegal. Haha.

Nah satu hal yang aneh adalah, saya pesen paspor yang 24 hal (karena ga yakin bakal sering ke luar negeri), eh tapi sama bapaknya katanya ga bisa, jadi nurut aja deh disuruh paspor yang 48hal. Alhasil pengeluaran buat paspor pun membengkak. Hedehhh..

Dan dari info yang saya dapat, kalo kita udah daftar online kita bisa foto dan wawancara di hari yang sama, dan hal itu ga terjadi sama saya. Kenapa? karena kata petugasnya untuk foto hari itu sudah penuh.. Ebusett. Dan saya disuruh datang besoknya untuk foto.

Alhasil saya tau kenapa orang-orang nyaranin dateng pagi, biar bisa foto dan wawancara di hari yg sama. Tapi mending lah daripada ga register online. Kalo ga register online, disuruh foto dan wawancara 3 hari kemudian, lumayan bermanfaat kan berarti register online tersebut.. Hehe

--bersambung yee--

No comments:

Post a Comment